Berita

Puskesmas Balangnipa Gencar Lakukan Sosialisasi Implementasi Program STBM

SINJAI – Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai melalui Puskesmas Balangnipa gencar melakukan sosialisasi 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di seluruh lingkungan di Kelurahan Lappa.

STBM ini adalah satu Program Nasional di bidang sanitasi yang bersifat lintas sektoral dan merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Lima pilar tersebut antara lain, stop buang air besar sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan air minum-makanan rumah tangga (PAMM RT), pengelolaan sampah rumah tangga (PSRT) dan pengelolaan limbah cair rumah tangga (PLC RT).

Kepala Puskesmas Balangnipa dr. Aliawati Albek, saat ditemui Kamis (12/11/20) mengutarakan, sosialisasi ini telah dilaksanakan di 7 lingkungan yang ada di Kelurahan Lappa mulai dari tanggal 9 hingga 12 November 2020.

Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga agar terwujud derajat kesehatan yang optimal.

“Kami fokus di Kelurahan Lappa mengingat warga setempat masih banyak warga yang tidak memiliki jamban. Adapun sosialisasi yang kita sampaikan yaitu lima pilar, hal ini untuk menambah pengetahuan warga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan warga,” katanya.

Melalui sosialisasi ini, Aliawati berharap masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan bagi kehidupan sehat, sehingga masyarakat menyadari buang air besar disembarang tempat dan mengurangi buang sampah sembarangan.

Selama sosialisasi, kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Lappa A. Rifai Azis, Kepala Lingkungan, Koordinator Faskel KOTAKU, Babinkamtibmas, Tokoh Agama, Pemuda, serta masyarakat yang tidak memiliki jamban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *