Berita

Pengelola keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Fasyankes Sinjai Ikuti Pembinaan Teknis

Untuk melaksanakan kegiatan keselamatan dan kesehatan perkantoran serta komponen pembinaan teknis K3 fasilitas pelayanan kesehatan, sejumlah pengelola kesehatan kerja fasyankes Sinjai telah mengikuti pembinaan teknis di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Sinjai, Selasa (17/11/2020)

Plt Dinas Kesehatan Sinjai, drg.Farina Irfani, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan pembinaan teknis yang diikuti oleh pengelola kesehatan di fasyankes ini adalah terkait keselamatan dan kesehatan kerja di Puskesmas masing-masing.

“Jadi kehadiran teman-teman disini sebagai pengelola kesehatan kerja di fasyankes tentu akan diberikan materi dan pembinaan terkait keselamatan dan kesehatan kerja di Puskesmas masing-masing,”

“Rekan-rekan perlu pahami bahwa Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya itu merupakan tempat kerja dimana kita melakukan pelayanan. Ada tindakan-tindakan didalamnya. Artinya, tempat atau fasilitas kita bekerja itu memiliki resiko. Resiko kesehatan maupun kecelakaan kerja yang cukup tinggi,” kata Farina Irfani

Plt Dinas Kesehatan Sinjai, drg.Farina Irfani menjelaskan bahwa pihak Dinas Kesehatan sendiri telah melihat bagaimana besar resiko tersebut saat petugas dari fasyankes dan Puskesmas berhadapan langsung dengan pasien tanpa gejala.

“Kita sudah alami di masa Covid. Teman dari fasyankes, dari Puskesmas telah berhadapan langsung dengan pasien tanpa gejala ketika kita tidak memiliki PPI, tentu resiko teman-teman untuk terpapar lebih besar,” jelas Farina Irfani.

Farina Irfani juga menyebutkan bahwa sesuai dengan Kemenkes Nomor: 128 Tahun 2004 tentang kebijakan dasar Pusat Kesehatan Masyarakat, yang menyatakan bahwa Puskesmas merupakan UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Kota yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya.

“Juga termasuk dalam upaya kesehatan dan keselamatan kerja. Maka, tentu berdasarkan hal tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi yang di fasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten mengadakan pertemuan penguatan keselamatan dan kesehatan perkantoran, komponen pembinaan teknis K3, fasilitas pelayanan kesehatan,

“Maka kami harapkan output dari kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Itu harapan kami dari Dinas Kesehatan, tentu implementasinya nanti dilapangan yang diharapkan akan meningkatkan pelayanan kesehatan kerja di wilayah masing-masing dan di masyarakat,” kata drg.Farina Irfani saat mengakhiri sambutannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *